Wednesday, January 18, 2017

Blue Lagoon Wisata Sungai Dan Mata Air

Tirta Budi Blue Lagoon Tempat Wisata Sungai Dan Mata Air Sleman

Tidak di sangka - sangka, sebuah dusun kecil menyimpan sumber mata air. Nama dusunnya Dalem, berada di desa Widodo Martani, dan masih berada di wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Meskipun tempatnya tidak begitu terlalu luas, tetapi tetap menjadi daya tarik. Rindangnya pepohonan dan rumpun bambu di sekitarnya, membuat suasananya benar - benar masih asri alami.

Sepanjang tahun, mata air Tirta Budi ini tidak pernah mengering walaupun di musim kemarau

Menurut cerita seorang warga setempat, dulu di kali tepus di buat dam.

Waktu pun terus berjalan dari hari ke hari sehingga bendungan tersebut membentuk sebuah drojogan di sebabkan menggerus tanah di sungai dan timbullah berbentuk cekungan.

Nah dari cekungan itulah keluar mata air, di karenakan di sekitar wilayah itu tidak jauh dari area sumber mata air.

Dan akhirnya masyarakat setempat, khususnya dusun Dalem, menggunakannya untuk mandi juga di jadikan berenang untuk anak - anak di sekitarnya.

Karena airnya yang sangat - sangat jernih sekali dan kebiru biruan, di beri nama Blue Lagoon oleh para Mahasiswa yang sedang mengadakan Kuliah Kerja Nyata pada saat itu.

Hingga akhirnya, mereka yang sedang melakukan KKN tidak lupa untuk mengabadikan moment yang langka ini. Selanjutnya mengunggah ( upload ) photonya ke berbagai media sosial.

Sejak itu, ramailah jadi bahan perbincangan. Mulailah berdatangan satu persatu pengunjung dari luar desa Widodo Martani.

Karena semakin ramai di kunjungi, mulailah masyarakat setempat membentuk Kelompok Sadar Wisata atau biasa di sebut PokDarWis.

Bekerja bergotong royong untuk membangun sebuah wisata yang alami nan asri.

Hingga sekarang melekat dengan nama Blue Lagoon Wisata Sungai Dan Mata Air.

Artikel Terkait