Saturday, September 16, 2017

Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo Yogyakarta

yogyakarta punya air terjun kedung pedut kulonprogo

Kedung Pedut yang dibuka akhir Februari 2015, mulai banyak di kunjungi. Baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Suasananya yang masih alami dan juga banyak spot spot selfie yang bagus telah di siapkan. Membuat tempat ini semakin menawan di hati para pengunjungnya.

Baca Juga : Air Terjun Luweng Sampang Goa Pertapaan Sunan Kalijaga

Fasilitas fasilitas seperti tempat ibadah, istirahat ( rest area ), kantin, kamar kecil ( wc ), serta parkir kendaraan umum dan pribadi juga sudah di sediakan. 

Sepertinya warga Dusun Kembang, Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta ini memang benar benar memanjakan tamu tamunya yang datang. 

Makanya tidak heran kalau hari hari libur pengunjungnya bisa mencapai dua ribu lebih. Dan kalau hari hari biasa hanya lima ratusan orang kata pak Sutikno, salah satu warga asli setempat yang juga termasuk tim pengelola. 

Kembali lagi ke awal nama Kedung Pedut. Menurut informasi yang saya dapatkan, sebenarnya Kedung adalah tempat penampungan jatuhnya air dari atas. Kalau airnya banyak atau besar, percikan air dari atas menjadi mendung dan berubah menjadi kabut atau disebut Pedut. 

Bagi saya pribadi, tempat ini memang cocok banget untuk menghilangkan stress. Melompat dari atas air terjunnya dan langsung berenang di air yang memang sangat sangat dingin, membuat diri ini jadi lupa segala keruwetan rutinitas pekerjaan.

Selain itu, jantung kita juga di buat sehat di kawasan wisata ini. Udaranya yang sejuk dan jalanannya yang naik turun, bagus sekali untuk olah raga kaki.

Pokoknya kaga bakalan nyesel kalau datang kesini bersama keluarga atau dengan sahabat sahabat. 

Selain itu, ada flying fox dengan sepeda bergelantungan di tambang. Bagi yang ingin moncobanya silahkan. Tidak usah takut, karena semuanya sangat aman ( safety ). 

Yang terpenting jangan melihat ke bawah. Seandainya jatuh, ya langsung nyemplung dan berenang di kolamnya. Yang punya penyakit jantung tidak di perbolehkan.

Jika ingin berkunjung dari pusat kota Yogyakarta, gampang banget kok. Tinggal menuju jalan godean, lewati pasar godean dan ketemu jembatan sungai progo. 

Lanjut ke perempatan traffic light nanggulan, maju lagi ke pasar kenteng dan ketemu tanjakan pegunungan Menoreh, mentok pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo.

Setelah itu kami istirahat sebentar di pasar Jonggrangan. Pertigaan setelah Goa Kiskendo ambil kiri dan ketemu lagi pertigaan Grojogan Mudal lalu ambil kiri. Melewati Air Terjun Kembang Soka. Setelah itu ada lagi pertigaan dan ambil kiri. Gampang kan…

Kalau sudah sampai, jangan lupa bayar tiket masuknya cuma 6 ribu pada hari biasa. Di hari besar 10 ribu rupiah per orang.  Tetapi berbeda dengan turis mancanegara. Mereka di kenakan karcis masuk seharga 20 ribu. 

Nah, kalau parkiran kendaraan roda dua cukup membayar 2 ribu, sedangkan roda empat hanya 5 ribu.

Bagaimana, anda tertarik berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut…? Cintailah produk wisata lokal Indonesia.

Artikel Terkait